Perbedaan prime coat tack coat . Pada zaman yang modern saat ini banyak informasi yang dapat kita akses secara bebas melalui internet dan smartphone. Salah satu informasi umum yang kita cari adalah informasi mengenai kontraktor jasa pengaspalan jalan yang terpercaya. Selain itu, juga ada yang mencari informasi mengenai bahan-bahan pembuatan jalan seperti aspal dan material lainnya. Jika kebetulan anda mencari informasi mengenai hal tersebut, artikel ini akan membahas mengenai perbedaan prime dan juga tack . Yaitu sebagai material pada pembuatan jalan. Berikut ini adalah informasi secara mendetail mengenai perbedaan perekat aspal. Yaitu prime dengan tack.

Pengertian Prime Coat dan Tack Coat

Sebelum membahas mengenai perbedaan prime coat, artikel ini akan membahas mengenai pengertian prime coat. Prime coat adalah jenis material yang berbentuk aspal emulsi. Yaitu aspal yang terbentuk dari aspal minyak dan air. Karena dua zat tersebut tidak bisa tercampur, akan kami gunakan emulsifier sebagai zat pencampur. Nama lain dari prime coat adalah zat pengikat yang mengikat hotmix AC BC atau AC-Base pada lapisan pondasi atas (base course). Tahapan proses ini dilakukan oleh kontraktor penyedia jasa pengaspalan jalan sebelum pengaplikasian aspal hotmix.

Pada struktur pembuatan jalan, ada beberapa lapisan. Fungsi utama lapisan prime coat adalah sebagai lapisan perekat di lapisan pondasi atas jalan. Sedangkan fungsi tack coat adalah sebagai perekat antara aspal lama yang sudah mengering terhadap aspal baru. Proses pengerjaannya yaitu dengan asphalt distributor. Asphalt distributor biasanya terbuat dari sebuah truk yang di dalamnya sudah terlengkapi dengan alat penyedot, alat penyemprot dan aspal.

Perbedaan

Dari penjelasan di atas, dapat kita tarik kesimpulan persamaan dan perbedaan antara perekat prime dan tack . Yaitu sama-sama terbuat dari penetrasi aspal 80/100 atau 60/70. Yang prosesnya kita cairkan dengan minyak tanah. Selain itu keduanya juga sama-sama sebagai material perekat pada proses pembuatan jalan. Namun bedanya adalah pada fungsi. Selain sebagai lapisan ikat antara lapis pondasi. Dan juga lapisan aspal di atasnya, prime memiliki fungsi lain yang sangat berbeda dari tack. Yaitu sebagai perekat lapisan aspal yang kering dengan lapisan aspal baru yang akan di aplikasikan. Perbedaan lainnya yaitu aspal prime coat juga memiliki lebih banyak fungsi. Yaitu antara lain mencegah terlepasnya agregat dan juga mencegah agar lapisan menjadi waterproof sebelum lapisan selanjutnya diaplikasikan.

Untuk mendapatkan informasi mengenai jasa pengaspalan jalan, anda dapat membaca artikel lainnya pada website ini. Demikian ulasan kami tentang perbedaan prime coat tack coat. Terimakasih.